Skip to main content

Pengenalan Java

Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang sangat populer. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi console, desktop, web sampai ke mobile.

Sejarah Java#

Java sendiri pertama kali diperkenalkan ke public sekitar tahun 1995 oleh perusahaan Sun Microsystem (Sekarang sudah dibeli oleh Oracle). Java sendiri dibuat oleh James Gosling dan tim nya saat bekerja di Sun Microsystem.

Sejak awal Java dibuat memang untuk tujuan cross platform, artinya agar bisa dijalankan di semua sistem operasi. Oleh karena itu Java memiliki jargon "Tulis sekali, jalankan dimanapun".

Kenapa Belajar Java?#

Java adalah salah satu bahasa pemrograman paling populer di dunia. Hampir dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, Java selalu menjadi top 5 bahasa pemrograman paling populer di Dunia. Seperti yang terlihat di TIOBE Programming Community Index

TIOBE Programming Community Index

Sampai saat ini banyak sekali perusahaan dari skala kecil sampai besar, terutama skala korporat banyak menggunakan teknologi Java. Hal ini dikarenakan Java bisa digunakan untuk membuat dari mulai aplikasi Mobile, Desktop sampai Web.

Oleh karena ini, belajar Java merupakan salah satu investasi untuk sekarang, karena banyak sekali perusahaan baik itu di Indonesia maupun diluar negri yang membutuhkan programmer Java.

Perusahan yang Menggunakan Java#

Java banyak sekali digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Baik itu di dalam negri maupun diluar negri. Contohnya :

  • Netflix, menggunakan Java untuk membangun sistem backend nya. RxJava merupakan salah satu framework Java populer buatan NetFlix
  • LinkedIn, menggunakan Java dan Scala untuk membangun sistem backend nya. Salah satu teknologi big data seperti Apache Kafka dibuat di LinkedIn menggunakan Java dan Scala
  • Facebook, menggunakan Java dan bahasa lain untuk membangun sistem backend nya. Salah satu teknologi big data seperti Apache Cassandra dibuat di Facebook menggunakan Java.
  • Twitter, menggunakan Java dan Scala untuk membangun sistem backend nya.
  • Blibli, menggunakan Java untuk membangun sistem backend nya

Dan masih banyak lagi perusahaan-perusahaan yang menggunakan Java

Jenis Teknologi Java#

Secara garis besar, Java sendiri dibagi menjadi beberapa teknologi, yaitu :

  • Java Standard Edition. Ini adalah teknologi Java yang menjadi Standard semua teknologi Java. Dalam JSE terdapat semua fitur dasar yang ada di Java, seperti Database, Network, Input Output, Struktur Data, Desktop, dan lain-lain
  • Java Micro Edition. Ini adalah teknologi Java yang dikhususkan untuk membuat aplikasi Mobile. Namun teknologi ini sekarang sudah tidak terlalu populer karena sudah jarang orang menggunakan sistem operasi Symbian di handphone nya.
  • Java Enterprise Edition. Ini adalah teknologi Java yang dikhususkan sebagai improvement dari JSE untuk ditargetkan membuat aplikasi skala enterprise (besar). Biasanya ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan korporat

Versi Java#

Saat awal Java rilis, Java menggunakan versi 1.0. Lalu naik ke versi 1.1, naik lagi ke versi 1.2 dan seterusnya. Namun sejak versi 1.6, Java langsung naik ke Java versi 7, setelah itu lanjut ke 8, 9 dan seterusnya.

Dahulu Rilis Java rata-rata sekitar 2 sampai 3 tahun sekali. Namun semenjak veri Java 9, Java rilis setiap 6 bulan sekali. Namun terdapat beberapa versi di Java yang memiliki versi LTS (Long Term Support), artinya dukungan update dan security pacth akan selalu dilakukan pada versi-versi tertentu.

Sampai saat ini, Java versi LTS adalah Java versi 8 dan versi 11. Dimana khusus untuk LTS, support akan dilakukan selama 5 tahun. Contohnya kita bisa liat di website EndOfLife

Java Version History

Logo Java#

Konon nama Java sendiri diambil dari asal kopi kesukaan James Gosling yang berasal dari pulau Jawa (Java), Oleh karena itu logo Java pun adalah secangkir kopi.

Java Logo

OpenSource#

Java sendiri merupakan bahasa pemrograman yang terbuka. Kita bisa mengimplementasikan bahasa Java sesuai dengan spesifikasi standard Java nya sendiri. Oleh karena itu banyak sekali perusahaan yang membuat compiler Java, karena Java sendiri adalah bahasa pemrograman yang OpenSource.

Beberapa perusahaan yang membuat compiler Java contohnya :

  • Oracle membuat OpenJDK dan Oracle JDK

  • Amazon membuat Corretto

  • Azul membuat Zulu OpenJDK

  • dan lain-lain

  • Walaupun bahasa pemrograman Java nya sendiri OpenSource, namun hati-hati untuk compiler dan virtual machine nya, beberapa perusahaan mengenakan pembayaran untuk compiler dan virtual machine nya. Salah satu yang benar-benar OpenSource dan gratis adalah OpenJDK